BC Batam Perkuat Pengawasan di Daerah Pesisir Pulau

GUNA MENGHADANG SERBUAN NARKOBA KE INDONESIA

0
72

Hotnewsbatam.com, Batam : Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) memperkuat melalui pengawasan dan pencegahan masuknya barang impor yang berdampak negatif dan berbahaya yang dilarang atau dibatasi oleh regulasi seperti narkoba, memegang peranan penting memberantas penyelundupan dan pengamanan aktivitas barang di wilayah perairan Indonesia. DJBC bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) guna meminimalisir adanya peredaran gelap narkoba melalui Operasi Gabungan.

“Operasi yang dilakukan di wilayah hukum Batam, Kepulauan Riau dan sekitarnya yang akan terus dilakukan. KPU Bea Cukai Tipe B Batam dan BNN, dan TNI AL akan bahu membahu dalam upaya memberantas peredaran narkoba, dan kami sepakat agar operasi gabungan ini sebagai kegiatan rutin sebagai upaya pemutusan jaringan peredaran gelap narkoba yang masuk melalui pelabuhan ilegal atau pelabuhan tikus,” katanya, Rabu (21/3).

Menurut dia, yang perlu diamati dan dipantau terus menerus itu adalah pengawasan di sepanjang garis pantai Kepulauan Riau dan sekitarnya. Kegiatan ini sedikitnya melibatkan personil dari BC, BNN dan TNI AL.

Dia menjelaskan operasi gabungan ini tak hanya dilakukan di wilayah perairan Kepulauan Riau. Tim juga melakukan penelusuran di wilayah darat. Nantinya, kata dia, personil gabungan dibagi menjadi 5 tim darat dan 3 tim laut. Tim darat bertugas menyasar aktivitas keluar masuk jalur darat dengan melakukan pemeriksaan barang , kargo, penumpang kapal ferry di pelabuhan legal dan Ilegal serta pengawasan di bandar udara Hang Nadim, Batam.

Sedangkan Tim Laut melakukan pemeriksaan barang dan surat kelengkapan Kapabean terhadap kapal kargo yang masuk ke pelabuhan termasuk para awak kapal dan penumpang yang datang dari negara-negara rawan tindak penyelundupan narkoba, salah satunya Malaysia.

Sementara ini, hasil inventaris saat ini kurang lebih 100 ilegal interpoint (pelabuan tikus) di Batam dan kurang lebih 200 lainya tersebar di Kepulauan Riau. (HNB/Max)