INSTITUT TEKNOLOGI BATAM (ITEBA) KEMBANGKAN SAINS DI KEPRI

0
414
ITEBA Kembangkan Sains: Rektor Institut Teknologi Batam (ITEBA) Dr.Ing.Drs. H Barnas Holil, DEA. kehadiran Batam sebagai salah satu perguruan tinggi di bidang sains di Batam akan menjadikan daerah ini pusat sains baik regional maupun internasional. (Max)

HOTENEWSBATAM; BATAM; Institut Teknologi Batam (ITEBA) dan Yayasan Vitka komitmen untuk terus melakukan pengembangan sains, teknologi, dan desain, serta inovasi khususnya pada bidang pendidikan di Wilayah Batam dan Indonesia pada umumnya.

“Dari Batam kita akan mendunia, mungkin itu lah moto kami saat ini. Selain sebagai institusi pengetahuan dalam pengembangan sains, teknologi, dan desain, serta inovasi khususnya pada bidang pendidikan di Wilayah Batam dan Indonesia pada umumnya. Ini merupakan fondasi awal bagi mewujudkan Batam sebagai daerah digital dan teknologi,” kata rektor Institut Teknologi Batam (ITEBA) Barnas Holil kepada wartawan, Jumat (26/1) usai peletakan batu pertama pembangunan perguruan tinggi di bidang sains pertama di Batam dan Kepulauan Riau.

Menurut dia, salah satu langkah yang layak dan perlu dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam bidang sains, teknik, dan desain sesuai dengan kebutuhan Negara Republik Indonesia dan dunia Internasional. Peningkatan kualitas pendidikan ini dapat dilakukan dengan mendirikan perguruan tinggi baru berbasis sains, teknologi, engineering dan matematika (STEM).

Pendirian ITEBA dimulai dengan 2 (dua) fakultas dan 6 (enam) program studi sarjana (S1), yang terdiri dari: (1) Fakultas Teknologi Industri yang mempunyai 2 (dua) program studi, yaitu (a) Program Studi Teknik Industri, dan (b) Program Studi Manajemen Rekayasa, dan (2) Fakultas Teknologi Informasi,yang mempunyai 4 (empat) program studi, yaitu (a) Program Studi Sistem Informasi, (b) Program Studi Tenik Komputer, (c) Program Studi Desain Komunikasi Visual, dan (d) Program Studi Matematika.

Keenam program studi itu, katanya, dapat menjawab kebutuhan dan mendukung perkembangan Kepulauan Riau kearah yang lebih baik. Menjadi institusi pendidikan tinggi yang terkemuka di bidang sains, teknik, dan desain di Indonesia dan Internasional serta menjadi rujukan pendidikan tinggi di daerah Kepulauan Riau.

Sedangkan misi, lanjutnya, antara lain; 1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran dibidang sains, teknik, dan desain yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul dibidangnya. 2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian dibidang sains, teknik dan desain berbasis kearifan lokal. 3. Mengaplikasikan berbagai keahlian dan keilmuan melalui pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 4. Menjadi agen pembaharu untuk mendorong kemandirian pembangunan sumber daya manusia dalam bidang sains, teknik dan desain di Indonesia dan International. 5. Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi sains, teknik dan desain di Indonesia dan International.

Tujuannya, dia menambahkan,  1. Menghasilkan lulusan dibidang sains, teknik, dan desain yang memiliki kompetensi, integritas dan daya saing di tingkat nasional dan internasional. 2. Terwujudnya budaya meneliti di lingkungan sivitas akademika ITEBA yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa. 3. Terwujudnya pengelolaan institut yang profesional, efektif dan efisien yang dapat memberdayakan sumber daya manusia. 4. Terwujudnya good university governance yang akuntabel, efektif dan efisien.(HNB-MAX)