HotNewsBatam.com, Pakistan : Donald Trump menyatakan bahwa pemerintahannya akan berhenti memberikan bantuan dana pemberantasan teror untuk Pakistan.

Dia menuding Pakistan sebagai tempat yang aman untuk teroris beroperasi dan akan membekukan semua bantuan untuk melawan teroris dinegara itu. Trump merasa pemerintahannya dibohongi jutaan dollar selama ini oleh Pakistan karena “tidak ada hasil dalam perang terhadap teroris dan Pakistan melindungi mereka!.”

Langkah tersebut menggarisbawahi bagaimana hubungan bileteral dengan Pakistan telah memburuk sejakĀ  Trump menjabat. Keretakan hubungan terjadi karena Pakistan dianggap sebagai tempat berlindungan bagi kelompok ekstremis – sebuah peran yang telah meracuni hubungan Islamabad dengan Washington sejak serangan teroris September 2001.

Pejabat administrasi Amerika menekankan bahwa pembekuan itu bersifat sementara dan bisa diangkat jika Pakistan mengubah perilakunya. Amerika Serikat mendesak pemerintah Pakistan untuk memutuskan kontak dengan militan dan menetapkan kembali agen intelijen yang memiliki hubungan dengan ekstremis.

Amerika Serikat juga menuntut akses ke anggota jaringan Haqqani yang terkait dengan Taliban, yang ditangkap oleh pasukan Pakistan dalam penyelamatan keluarga Kanada-Amerika pada bulan Oktober tahun lalu dimana pihak Pakistan menolak permintaan tersebut.(Max/Din/HNB1)