HotNewsBatam.com, Valencia : Ajang MotoGp Tahun in selesai dilaksanakan dan di juarai oleh Marc Marquez dari Team Repsol Honda.(12/Nov) Race terakhir yang bertempat di Valencia – Spanyol dimenangi oleh Dani Paderosa rekan satu tim Marquez.

Posisi podium kedua diraih J. Zarco dari Yamaha Tech 3 dan posisi ke 3 ditempati M. Marquez. Pertarungan sengit terjadi diantara team Honda Repsol dan Team Ducati dimana kedua pembalap Ducati gagal menyelesaikan lomba.

Andrea Dovizioso (Ducati) terjatuh pada tikungan ke 8 putaran ke 5 terakhir setelah bertarung hebat untuk mendapatkan posisi teratas dalam balapan tersebut. Marquez yang diprediksi akan memenangi MotoGp tahun ini telah unggul 21 poin dari doviozoso.

Balapan di Valencia adalah puncak dari seri MotoGp karena menjadi penutup setra penentuan juara seri balapan bergengsi. Masing masing tim berusaha untuk mencapai prestasi dari skill pembalap maupun performa motor yang ditunggangi.

Pada balap kali ini Marquez yang berada di pole position mampu mempertahankan posisinya itu setidaknya hingga lap kedua. Setelah bebrapa putaran berlangsung pebalap Yamaha Tech 3, Johan Zarco, menyalip Marquez untuk kemudian memimpin balapan selama lebih dari 10 lap yang akhirnya didahalui Dani Paderosa.

Salip menyalip antara Zarco dan Dani pun terjadi diantara kedua rider ini untuk memperebutkan posisi utama sehingga lap terakhir. Pedrosa tampil sebagai pemenang setelah menyalip di lap terakhir. Zarco pun harus puas finis sebagai runner-up di balapan ini.

Marquez sempat hilang kendali, keluar jalur balapan dan hampir saja terjatuh pada saat bertarung dengan grup terdepan yang memimpin. Akhirnya dia pun harus puas dengan podium ke3 kali ini. Semangat yang ditunjuk kan Marquez mendapat banyak pujian dari fansnya.

Marc Marquez menelesaikan balap MotoGp musim ini dengan 298 poin , unggul 37 poin dari Dovizioso di posisi kedua dan Maverick Vinales di posisi ketiga dengan 230 poin.(Max/Din/HNB1)