HotNewsBatam.com, Banten – Jakarta : Tentara Nasional Indonesia (TNI), merayakan ulang tahunnya yang ke 72 pada Kamis 5/10/2017 bertempat di dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten dinilai sukses.Presiden Jokowi beserta rombongan yang terjebak macet akhirnya memutuskan untuk berjalan kaki sekitar 3 kilo menuju lokasi acara.

Pada hari itu Persiden Joko Widodo mengemban tugas sebagai inspektur upacara didampingi oleh Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo, dan para Kepala Staf TNI. Sementara yang menjabat komandan upacara, adalah Pangkostrad, Letjen TNI Edy Rahmayadi.

President Joko Widodo dalam pidatonya diacara HUT TNI kemarin berpesan kepada seluruh komponen TNI untuk tetap setia mengemban tugas Negara serta untuk tidak berpolitik juga setia pada pemeritahan yang ada. TNI “harus selalu memastikan netralitas politiknya di era demokrasi saat ini,” kata Presiden.

TNI juga diminta untuk bersatu dengan institusi lain dimana Tema Peringatan HUT Ke-72 TNI Tahun ini adalah Bersama Rakyat TNI Kuat yang bermakna kesadaran TNI yang bersumber dari rakyat, berbuat dan bertindak bersama rakyat menjadi modal utama TNI dalam mengawal dan mengamankan kepentingan nasional menuju cita-cita bangsa.

Acara parade HUT TNI ini adalah gabungan dari 5.932 prajurit TNI, dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). TNI dengan bangganya mempamirkan alat utama sistem senjata (alutsista) kepada penonton yang hadir untuk menyaksikan acara tersebut.

Terdapat antara lain adalah tank Leopard, panser Anoa, Bush Master Kopassus dan beberapa Armada Kapal perang milik TNI angkatan Laut. Pesawat Sukhoi SU – 27 dan Sukhoi SU – 30 juga dipamerkan oleh Angkatan Udara – Tentara Negara Indonesia.

Ditampilkan juga aksi Bela Diri Pencak Silat gabungan dengan berbagai jenis pencak silat yang ada di Indonesia yaitu Merpati Putih, Tapak Suci, Perisai Diri, Pagar Nusa, Pemersatu Hati, Pagar Kencana, Ciung Wanara, Cimande, Panglipur, Budi Kancana. Halang Rintang Laut Gabungan dengan melibatkan 192 Prajurit TNI AD, TNI AL & TNI AU.

Antusias masyarakat dapat dilihat dari ribuan warga yang sejak subuh telah memadati lokasi acara yang dimulai pada jam 8.00 WIB. Mereka juga menyempatkan diri untuk berfoto bersama keluarga dengan latar kendaraan militer dipameran tersebut. (Max/Din/HNB1)