HotNewsBatam.com, Singapura : Dua puluh pesawat F-16 – masing-masing 10 dari Angkatan Udara Republik Indonesia (RSAF) dan Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU) akan melakukan fly over (terbang melintasi) wilayah Marina Bay South minggu depan untuk menandai 50 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara.

Warga Singapura bisa menonton latihan penerbangan pada Selasa depan (5 September) dan acara aktualnya pada hari Kamis depan. Kedua acara akan berlangsung dari jam 14.30 s/d jam 15.00 waktu setempat.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Indonesia Joko Widodo direncanakan akan menyaksikan acara tersebut serta menghadiri Retret Pemimpin Singapura-Indonesia hari Kamis nanti.

Mereka akan menyaksikan acara fly over dari Marina Bay Cruise Center. Masing-masing kelompok pesawat terbang akan membentuk satu panah yang dipimpin oleh kontingen RSAF.
Pesawat terbang RSAF dan TNI-AU akan melewati landmark seperti Sentosa, Marina Bay Cruise Center dan Marina Barrage, sebelum kembali dan terbang lagi dalam formasi angka “50” , 20 menit kemudian.

Setelah acara itu, akan diadakan sebuah acara perayaan di Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin di Pekanbahru, Indonesia, yang melibatkan peserta gabungan dan senior dari kedua angkatan udara tersebut.

Latihan bersama dan interaksi antara angkatan bersenjata Singapura dan Indonesia berlangsung secara reguler. Latihan bilateral ini mencakup Ex Eagle Indopura, latihan bilateral terlama Angkatan Bersenjata Singapura dengan militer asing, dan Kursus Senjata Bersama Tempur. (Max/Din/HNB1)