HotNewsBatam.com, Batam : Keberangkatan ibadah haji Batam kloter pertama akan berlangsung esok 27 Juli 2017. Segala persiapan untuk perlaksanaan ibadah haji telah dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Batam untuk memperlancarkan urusan haji tahun ini.

Dengan adanya penambahan kuota oleh pemerintah Arab Saudi, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Kepri akan memberangkatkan 1.295 Calon Jemaah Haji termasuk 9 orang petugas. Dari Batam ada 700 orang jemaah dan sisanya dari daerah Kepulauan Riau lainnya.

Kepala Seksi Penyelengaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Batam, Nabhan menyatakan bahwa semua pembuatan Paspor Haji sudah hampir rampung. “Insya Allah jika tiada halangan, jemaah akan terbang menuju Arab Saudi 28 Juni nanti” tambahnya.

Tahun sebelumnya Batam hanya mendapat 992 kuota untuk berangkat haji. Calon haji tahun ini mengalami peningkatan dengan adanya tambahan kuota dari pemerintahan Arab Saudi. Penambahan ini juga mempengaruhi daftar calon haji yang telah mendaftarkan dirinya untuk berangkat ke tanah suci Mekah.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bahwa persiapan ibadah haji seperti akomodasi, transportasi, hotel, katering dan sebagainya untuk jemaah haji Indonesia di Mekah dan Madinah sudah tuntas.

Diperkirakan jumlah jemaah keberangkatan haji tahun ini mencapai 221.000 orangĀ  yang terbagi ke dalam kuota haji regular 204.000 (dua ratus empat ribu) orang dan kuota haji khusus 17.000 (tujuh belas ribu) orang. (Max/Din/HNB1)