HotNewsBatam.com, Batam : DJBC Khusus Kepri mengapresiasi guru, hal itu diungkapkan Kabid PSO DJBC Khusus Kepri Raden Evy Suhartantyo dalam menyambut hari guru nasional ke 71.

Dengan peran guru di berbagai bidang, khususnya di Kepri memberikan arti penting bagi generasi muda guna mengerti arti persatuan dan kesatuan Pancasila.

“Dalam menjaga NKRI khususnya dari aksi penyelundupan ilegal yang dapat merugikan negara. Peran guru sangatlah penting untuk menumbuhkan rasa cinta pada tanah air, ini merupakan fondasi dasar bagi kita guna melangkah menuju Indonesia yang lebih baik lagi,” katanya, Sabtu (26/11) di Batam.

Tidak hanya guru, katanya, dosen dan institusi pendidikan yang jelas-jelas ikut berpartisipasi dalam membangun mental dan pendidikan bagi generasi muda sangatlah besar jasanya.

Menurut Evy, pendidik merupakan panutan bagi generasi awal untuk mencintai betapa beragamnya tanah air kita. Mulai dari budaya, bahasa, juga tata krama yang diajarkan para pendidik.

“Saya berkat begini. Tidak lain karena kesan guru begitu melekat dari dalam diri saya. Dan begitu diminta mengajar, dan menularkan ilmu kepada generasi muda di jajaran saya dengan senang hati saya lakukan,” katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Direktur Batam Tourism Politechnic M. Nur. Dia mengatakan sebagai pendidik apa yang diberikan merupakan kebahagiaan tersendiri jika siswa yang mereka didik berhasil ke jenjang yang lebih tinggi.

“Keberhasilan seorang guru itu. Adalah ketika melihat anak didiknya sukses menduduki jabatan yang dia cita-citakan,” katanya. (HNB/Max).