Kendati mantan ex vokalis grup rock band Stone Temple Pilots Scott Weiland sudah meninggal, suara khas dan jenis musiknya mempengaruhi musik rock dunia.

Scott Weiland meninggal dunia dalam tidurnya pada Desember tahun lalu ketika, sedang berhenti untuk istirahat tur dengan Band barunya, The Wildabouts, di Bloomington, Minnesota.

Selain Stone Temple Pilots, vokalis modis tersebut juga ikut dalam grup bikinan Slash, Velvet Revolver.
Rockstar yang namanya melambung pada tahun 90-an memiliki suara khas Scott mempopulerkan lagu yang mungkin tak mungkin dilupa oleh para pecinta musik rock 90-an seperti Plush, Creep, Big Empty dan Vasoline. Band ini sempat bubar pada tahun 2002 dan kembali bermusik pada tahun 2008. Scoot sempat mengisi vokal di album Stone Temple Pilots yang dirilis pada tahun 2010 sebelum dikeluarkan di tahun 2013.
Di tahun 2015 ini, ia baru saja merilis album terbarunya bersama The Wildabouts berjudul BLASTER. Dan kisah hidup Scott harus berakhir pada tur yang dilakukannya untuk promosi album ini.

Kalangan pencinta alternatif rock 90-an tentunya hafal benar lagu yang dibawakan vokalis dengan suara serak dan melengking tersebut memiliki power dalam aksinya. Bahkan gayanya sedikit meniru Mick Jagger ketika di atas panggung. Namun pencinta musik alternatif rock mengakui bahwa Stone Temple Pilots adalah band rock alternatif yang memiliki daya ledaknya sendiri. (Max/HNB)